Beberapa Jenis Sapi Potong Indonesia

1179 views
baner murah berpotensi
Beberapa Jenis Sapi Potong Indonesia

Beberapa Jenis Sapi Potong Indonesia

Sahabat Potansi; Untuk memulai usaha sapi potong sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui jenis sapi potong. Dari situ kita bisa menentukan jenis sapi potong apa yang menjadi andalan usaha kita, agar usaha yang akan digelutinya bisa berkelanjutan. Apalagi di negara kita stok daging sapi masih kekurangan, sehingga setiap tahunnya dua sampai tiga kali pemerintah melalui Kementerian Pertanian harus impor sapi dari negara luar. Ini menjadi peluang untuk usaha sapi potong baik dari pengembangbiakan, maupun penggemukan, sampai keusaha pemotongan.

Pengembangbiakan Sapi Potong

Pengembangbiakan sapi, ialah memelihara sapi dengan cara dikembangbiakan dari sapi berjumlah dua ekor sampai beranak pinak, terus menerus dipelihara sehingga menghasikan sapi yang berjumlah banyak. Adapun penggemukan sapi potong dengan memelihara sapi yang baru berusia tiga bulan atau lebih dipelihara/dibesarkan sampai sapi sudah menjadi sapi pedaging, yaitu sapi yang sudah siap dipotong. Selain memelihara dari sapi yang baru berusia tiga bulan atau lebih, bisa juga dengan memelihara sapi dewasa dalam kondisi kurus untuk dioptimalkan berat badannya lewat pembesaran daging dalam waktu yang relatif singkat tiga sampai lima bulan.

Jenis jenis Sapi Potong /Pedaging

Begitu banyak jenis sapi potong di Indonesia, diantara jenis sapi sapi tersebut yang kami akan uraikan adalah sebagai berikut:

a. Sapi Bali

Cirinya berwarna merah dengan warna putih dari kaki lutut ke bawah dan kepada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulan sapi ini mudah beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan yg baru.

b. Sapi Ongole

Cirinya berwarna putih dengan warna hitam di sekitar badan, bergelambir dan berpunuk, serta beradaptasinya cukup baik. Tipe ini sudah disilangkan bersama sapi Madura, keturunannya dinamakan Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole, tapi produksinya lebih rendah.

c. Sapi Brahman

Dengan ciri berwarna coklat sampai coklat lanjut usia, berwarna putih dibagian kepala. Daya pertumbuhannya sepat, maka tidak jarang jadi primadona sapi potong di Indonesia.

d. Sapi Madura

Cirinya berpunuk, berwarna kuning dan merah bata, terkadang terdapat warna putih terhadap moncong, ekor dan kaki bawah. Type sapi ini memiliki daya pertumbuhan untuk berat badan sedikit rendah.

e. Sapi Limousin

Memiliki ciri warna hitam dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih dibagian moncong kepalanya, badan berukuran besar, pertumbuhannya bagus dan memiliki tingkat produksi yang baik.

Cara Pemilihan Bakalan /Bibit

Bakalan adalah anak sapi yang berusia baru dua bulan atau lebih untuk dibesarkan. Pemilihan bakalan ini adalah factor yang mutlak, dikarenakan sangat menentukan hasilnya. Pemilihan bakalan memerlukan ketelitian, kejelian dan pengetahuan, agar hasilnya maksimal. Ciri-ciri bakalan yang baik adalah:

  • Berumur diatas 2,5 th
  • Jenis kelamin jantan
  • Bentuk badan panjang, bulat dan lebar, panjang minimal 170 senti meter tinggi pundak minimal 135 centimeter, lingkar dada 133 senti meter.
  • Tubuh kurus, tulang menonjol, tapi terus sehat (kurus dikarenakan kurang pakan, bukan dikarenakan sakit)
  • Pandangan mata bersinar cerah & bulu halus.
  • Kotoran normal

Itulah penjelasan dari kami perihal Beberapa Jenis Sapi Potong Indonesia, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang merintis usaha peternakan sapi potong.

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi