Cara Memilih Buah Segar yang Bebas dari Bahan Kimia di Pasar

745 views
baner murah berpotensi

Cara Memilih Buah Segar yang Bebas dari Bahan Kimia di Pasar

Sahabat Potensi. Sekarang ini sangat sulit rasanya memilih makanan dan produk-produk lainnya yang sehat dan bebas formalin. Jika kita tahu banyak sekali produk yang berformalin atau bahan kimia lainnya, misal, pasti akan sangat sulit memilih yang mana. Hal ini terbukti ketika ada buah-buahan yang berformalin seperti apel. Anda perlu mengetahui bahwa sebagian besar produk buah yang mengandung formalin kebanyakan adalah produk impor, bukan produk lokal. Hal ini tentu saja masuk akan karena produsen dari luar tidak mau produk mereka cepat busuk dalam perjalanan. Ini ada tip bagaimana cara  memilih buah segar yang bebas dari bahan kimia.

Cara Memilih Buah Segar di Pasar

Cara Memilih Buah Segar di Pasar

Mengenal Formalin pada Produk Buah Agar Tahu Cara Memilih Buah Segar

Anda tentu saja perlu mengetahui produk formalin yang sangat banyak beredar di pasaran sekarang ini. formalin adalah salah satu bahan pengawet mayat atau bisa digunakan sebagai diinfeksi di rumah sakit. Bahan kimia ini amat sangat berbahaya apalagi untuk makhluk hidup. Ada beberapa masalah kesehatan yang  bisa timbul dari bahan kimia yang satu ini. contohnya: kanker pada kulit, gangguan pada pencernaan, pernafasan, sampai gangguan pada organ vital pada manusia.

Biasanya, pada buah-buahan khusus ada kandungan formalin. Seperti contohnya pada buah apel, pir, jeruk, anggur, kelengkeng, pisang, dan juga mangga. Bahkan tidak hanya buah-buahan, produk seperti kikil pun baik di pasar tradisional hingga di supermarket pun mengandung bahan kimia berbahaya ini. jika kita tidak tahu dan kurang waspada terhadap kemungkinan ini, maka sangat mungkin kita bisa terjangkit bahayanya seperti berbagai macam penyakit dan juga masalah penyakit kesehatan yang mana rentan menghampiri.

Cara Mengetahui Buah Berformalin dan Tidak

Anda tidak perlu sekhawatir itu, karena ada cara membedakan buah yang berformalin dan tidak. Berikut ini adalah ciri-ciri buah-buahan yang mengandung formalin dan yang tidak. Kita akan mengupasnya lebih dalam.

  1. Ciri buah-buah]an yang berformalin
  2. Umumnya, saat disentuh, buah-buahan yang mengandung formalin akan terasa keras.
  3. Warna dari permukaan buah yang mengandung formalin pada umumnya tidak akan berubah setelah sekian lama disimpan. Perubahannya tidak signifikan dalam kurun waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu, dalam waktu yang lama itu juga tidak cepat busuk. Warnanya juga lebih cerah, terlihat tidak kusam dan sangat mencolok. Pastinya sebagai konsumen kita suka sekali dengan buah-buahan yang terlihat sangat mencolok karena kita berfikir bahwa buah-buahan tersebut segar.
  4. Jika buah tersebut masih mempunyai ranting, anda bisa memperhatika ranting tersebut. Jika rantingnya sudah layu, tapi buahnya masih sangat segar, maka patut dicurigai bahwa buah tersebut mengandung formalin.
  5. Buah-buahan yang berformalin biasanya tidak dikerumuni oleh lalat, lebah dan semut.
  6. Buah-buahan yang disuntik dengan formalin biasanya meninggalkan jejak seperti lubang kecil yang agak dalam. Bekas suntikan tersebut biasanya di tangkai buahnya.
  7. Warnanya lebih mengkilat karena ada kandungan lilin. Dan jika dikerik dengan pisau, maka serbuk-serbuk akan jatuh. Jika dibakar, maka lapisan lilin akan terlihat sehingga seperti basah saat dibakar.
  8. Ciri-ciri buah-buahan yang bebas formalin
  9. Saat ditekan atau disentuh, buah yang tidak mengandung formalin biasanya terasa lembut.
  10. Aroma buah yang bebas formalin biasanya sangat menyengat sehingga mengundang serangga seperti lebah, lalat dan juga semut.
  11. Kulit buahnya terlihat amat sangat alami dan bakal mengalami perubahan yang signifikan dari hari ke hari.

Itu lah beberapa ciri penting dari buah-buahan yang mengandung formalin. Penting rasanya untuk mengetahui karena memang efek jangka panjangnya bisa sangat berbahaya.

Baca juga Harga Buah Buahan

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi