Cara Membuat Pakan Ternak Unggas, Kambing, Sapi dan Ikan dari Tepung Ikan

1050 views
banner 468x60)

Cara Membuat Pakan Ternak Unggas, Kambing, Sapi dan Ikan dari Tepung Ikan

Sahabat Potensi. Sudah pernahkah anda mendengar bahwa tepung ikan bisa dijadikan salah satu alternative membuat pakan ternak. Salah satu keunggulan menggunakan tepung ikan untuk pakan ternak adalah kandungannya yang tinggi. Biasanya tepung ikan ini adalah produk sampingan dari sisa pembuangan ataupun sisa produk utama yang diambil. Kandungan yang dipunyai tepung ikan sendiri adalah kandungan protein, mineral yang tinggi, dan bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminasia seperti contohnya sapi, domba, kambing, kerbau, unggas, dan yang lainnya. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Tepung Ikan

Cara Membuat Tepung Ikan

Cara Membuat Pakan Ternak Menggunakan Tepung Ikan

Sebelum membuat pakan dari tepung ikan, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan dan juga alat-alatnya dahulu. Ini lah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  1. ikan bagian kepala, ekor dan juga tulangnya.
  2. Ikan-ikan kecil yag mana tidak lagi dimanfaatkan oleh masyarakat

setelah itu, siapkan alat-alatnya antara lain:

  1. mesin penggiling ikan yang biasanya bisa digunakan untuk menghaluskan dan juga menghancurkan ikan hingga merata dan juga sampai bisa tercampur semua.
  2. Mesin pengering. Biasanya bisa menggunakan oven atau bisa juga cahaya matahari untuk menghilangkan kadar airnya sebesar 8%.
  3. Mesin atau alat pres. Ini untuk mengepres ikan sampai benar-benar kering total hingga dapat membantu menghilangkan kadar lemak yang ada di dalamnya juga.

Dan ini lah langkah-langkah pembuatannya:

  1. Penggilingan ikan basah

Semua ukuran ikan dari kecil sampai besar bisa digiling. Giling ikan sampai menjadi seperti bubur dan sampai semua bahan tercampur. Namun perlu diingat, sebelum melakukan penggilingan, ikan sebaiknya dibersihkan dahulu untuk menghindari batuan kecil dan kotoran yang ada di dalam atau di luar permukaan ikan.

  1. Pengukusan

Pengukusan ikan dilakukan selama 1 jam sehingga akan menjadi sangat matang dan sempurna. Tujuan dari pengukusan ini adalah untuk menghilangkan lemak yang ada di dalam ikan, jadi bisa mengurangi jamur, pathogen dan bakteri yang ada di ikan-ikan tersebut.

  1. Pengeringan

Alat cake kering ikan digunakan untuk mengeringkan ikan setelah sudah matang dan menjadi bubur. Suhunya adalah suhu rata-rata di atas titik didih. Pengeringan ini tujuannya adalah menurunkan kadar air mencapai 8% dan juga kadar lemak kurang lebih sebanyak 30%.

  1. Pemerasan minyak

Tujuan dari pengompresan atau pemerasan minyak ini adalah untuk mengeluarkan minyak dan juga kadar air yang masih tertinggal di dalamnya.

  1. Pengilingan cake

Setelah itu, ikan-ikan yang sudah diperas minyaknya dengan cake, digiling kembali dengan cara penggilingan yang halus. Akan menjadi tepung ikan, biasanya lolos dari ayakan 40 sampai 60 mesh dengan ukuran yang sesuai keinginan kita untuk pakan ternak.

  1. Pengemasan

Tahap terakhir adalah pengemasan. Ini sangat penting dilakukan dan bisa dengan plastik ataupun wadah yang kedap dengan udara guna menghindari pathogen ataupun bakteri yang mungkin bisa masuk. Di samping itu juga, bisa memperpanjang dalam penyimpanan tepung ikan tersebut.

Tepung yang sudah jadi akan terlihat berkualitas apabila; tepung mempunyai butiran yang seragam, warnanya halus dan seragam juga, serta bersih. Tidak hanya itu, tepung yang baik juga bebas dari sisa tulang dan juga mata ikan serta benda asing dan bau khasnya amis.

Itu lah cara mudah untuk membuat tepung ikan untuk pakan ternak unggas dan yang lainnya. Bahan-bahannya tidak lah sulit didapatkan, alat-alatnya juga sangat mudah didapatkan, apalagi cara pembuatannya, sangat mudah jika sesuai petunjuk. Semoga bermanfaat!

Baca juga Harga Pakan Terbaru

banner 468x60)
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

banner 468x60)