Pohon Jati adalah Kayu Kuat dan Keras

2925 views
baner murah berpotensi
Pohon jati tinggi besar & lurus

Pohon jati tinggi besar & lurus

Sahabat Potensi; Sebagai pohon penghasil kayu super kelas dunia, jati mempunyai ciri-ciri kusus. Pohon tinggi besar & lurus, warna kayu coklat kuning sampai cokelat kemerahan, daun elips berukuran 60-70 x 80 -100cm bagi pohon yang masih muda dan akan mengecil diwaktu pohon semakin tua berkisar 15 x 20cm, daun berbulu halus dan menghasilkan warna merah darah kalau diperas.

Sistem Pengolahan Kayu Jati

Pengolahan kayu jati harus dilakukan dengan telaten. Bahkan, para pekerja di Inggris  meminta bayaran lebih kalau harus mengerjakan barang berbahan jati. Tidak jarang, kekerasan kayu jati dapat menghancurkan perkakas para pekerja. Kekokohan inilah yang menginspirasi membuat kapal laut VOC pada abad ke-17.
Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku kapal laut; kayu jati juga digunakan untuk rel kereta dan jembatan. Di lingkungan rumah tangga; kayu jati difungsikan untuk membuat bermacam-macam furniture dan konstruksi bangunan. Kayu jati dipilih, karena sangat kokoh dan keras, serta mempunyai ketahanan luar biasa, tahan terhadap perubahan cuaca serta serangan rayap.

Eksistensi Kayu Jati

Tidak diragukan eksistensi pohon jati sebagai penghasil kayu berkwalitas. Pohon jati dikenal sebagai kayu yang indah, awet, tahan terhadap serangan rayap dan cuaca. Pohon yang nama ilmiahnya Tectona grandis sp. ini dapat tumbuh sampai beberapa ratus tahun dengan ukuran tinggi sekitar 40-45 meter.
Tidak cuma itu, kayu jati mempunyai ciri kusus yang unik pohon besar, berbatang lurus. Faktor ini pun yg menciptakan jati dijadikan kayu berkwalitas tinggi. Permukaan kayu jati mempunyai zat mirip minyak menjadikan kayu nampak indah mesti hanya divernis. Bermacam-macam furniture ataupun barang berbahan kayu jati akan nampak indah. Apalagi, bila diletakkan di area beratap.

Pohon jati merupakan kayu yang tahan api atau tidak mudah terbakar; karenakan jati mempunyai kulit yang tebal. Tidak hanya kulit pohon, buah jatipun mempunyai kulit yang tebal dilindungi tempurung yang keras. Biji pohon jati tidak mudah rusak ketika terbakar, karena hanya tempurungnya yang terbakar. Jika tempurung biji rusak, jati akan mudah tumbuh bertunas dikala hujan tiba.

Jati tumbuh di daerah dengan curah hujan 1500 – 2000 mm/tahun, suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati ialah tanah dengan PH 4.5 – 7.

Pohon jati merupakan pohon yang paling peka terhadap perubahan cuaca. Factor ini terbukti dengan pengguguran daun diwaktu kemarau untuk mengurangi penguapan lewat daun agar persediaan air tidak mudah habis.

Manfaat Pohon Jati

Ranting pohon jati bermanfaat sebagai bahan bakar kelas satu yang menghasilkan panas sangat tinggi, dahulu digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap.
Akarnya bermanfaat sebagai pewarna. Pada abad ke-17, masyarakat Sulawesi Selatan memanfaatkan akar jati utk mewarnai anyaman. Warna yang dihasilkan berwarna kuning, kuning agak kecoklatan. Daun jati berguna sebagai obat, hasil seduhan daun jati sebagai penawar rasa sakit.

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi