Pencarian Duta Kampanye Sustainability

868 views
baner murah berpotensi

Sahabat Potensi. The Roundtable on Sustainable Palm Oil meluncurkan program “Youth Leader in Sustainability” yaitu program pencarian pemimpin masa depan, yang akan menjadi duta kampanye Sustainability. Program pencarian duta “Youth Leader in Sustainability” ini diadakan dengan kolaborasi bersama WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW.

Pencarian Duta Kampanye Sustainability

Pencarian Duta Kampanye Sustainability

Program ini akan berlangsung dari Januari hingga Mei 2017 dengan serangkaian kegiatan mulai dari roadshow ke berbagai universitas, seminar hingga tahapan penyeleksian.

Peluncuran program “Youth Leader in Sustainability” menyasar para mahasiswa Indonesia dari seluruh universitas di Indonesia dan bertujuan untuk mengedukasi konsumen Indonesia mengenai kelapa sawit ramah sosial dan ramah lingkungan serta gaya hidup ramah lingkungan.

Pencarian Duta Kampanye

Pencarian duta diadakan, sebagai lanjutan dari hasil studi persepsi konsumen, yang diselenggarakan oleh RSPO, pada tahun 2015 lalu, yang menunjukkan fakta, bahwa masih rendahnya pemahaman konsumen Indonesia, tentang minyak kelapa sawit berkelanjutan, dampak positifnya terhadap lingkungan, dan masyarakat, serta besarnya kekuatan konsumen dalam mewujudkan praktek minyak kelapa sawit berkelanjutan, sebagai norma di Indonesia.

Kegiatan ini juga bagian dari kampanye ‘Beli Yang Baik’ yang diinisiasi WWF-Indonesia sejak tahun 2015 hingga saat ini terus mendapat dukungan aktif dari RSPO.

Tiur Rumondang, Direktur RSPO Indonesia mengatakan “Produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan yang telah mendapat sertifikat RSPO secara global saat ini mencapai 12.15 juta ton, atau 17% dari total produksi minyak kelapa sawit dunia.

Indonesia menyumbang 58% produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan dari total volume minyak kelapa sawit yang bersertifikat RSPO. Namun begitu, penyerapan minyak kelapa sawit berkelanjutan di dalam negeri masih tergolong minim, karena permintaan konsumen di Indonesia masih rendah.

Oleh karena itu dengan lebih banyaknya kegiatan edukasi seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran konsumen yang didukung dengan peningkatan permintaan atas produk yang berbasis minyak kelapa sawit berkelanjutan.”

Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit, merupakan komoditas yang sangat populer, digunakan dalam banyak produk konsumen, seperti minyak goreng, margarin, cokelat, es krim, sabun, kosmetik dan bahan bakar untuk mobil serta pembangkit listrik. Namun begitu belum banyak konsumen yang menyadari hal ini.

Duta “Youth Leader in Sustainability” ini akan bersama-sama dengan RSPO, WWF-Indonesia, The Body Shop®, and SINAR MEADOW berperan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak positif bagi lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat, atas praktek-praktek berkelanjutan dalam produksi minyak kelapa sawit.

Dalam penjelasannya di konferensi pers, Arnold Sitompul, Direktur Konservasi WWF-Indonesia menyampaikan “Kondisi keanekaragaman hayati global (termasuk Indonesia) sudah pada level yang sangat memprihatinkan. Salah satu faktor yang mendorong laju penurunan keanekaragaman hayati adalah dari pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan (termasuk industri kelapa sawit).

Untuk memastikan kelestarian keanekaragaman hayati maka perlu adanya terobosan baru dalam mendorong industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

Bisnis Global

Suzy Hutomo, Executive Chairwoman The Body Shop® Indonesia, menegaskan bahwa, keterlibatan perusahaan dalam program “Youth Leader in Sustainability” merupakan bentuk komitmen global bertajuk “Enrich Not Exploit, It’s In Our Hands” yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sejati, dan menjadi bisnis global paling beretika di dunia.

“The Body Shop® percaya bahwa bukan hanya kami yang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan positif di dunia sebagai tanggung jawab sebuah bisnis; tetapi juga kita semua, termasuk semua pelanggan kami dan generasi muda yang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif dalam kehidupan orang lain.”

Melvin Darmadinata, General Manager SINAR MEADOW, mengatakan bahwa, keikutsertaan SINAR MEADOW, dalam program ini, sejalan dengan komitmen perusahaan, untuk selalu memberikan pelanggan kami produk-produk yang diproduksi secara berkelanjutan.

Kami berharap melalui program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran namun juga meningkatkan permintaan akan produk-produk yang ramah lingkungan dan diproduksi secara bertanggung jawab.

Roadshow

RSPO, WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW akan melakukan roadshow dan seminar ke sebelas (11) Universitas di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Jambi. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari KampusUpdate.com sebagai salah satu media pendukung.

Para mahasiswa harus melalui tahapan seleksi mulai dari kompetisi melalui Sustainability Quest app yang dapat diunduh di Google dan Apple store, membuat dan mepresentasikan ide kampanye sosialisasi terkait sustainability. Sepuluh (10) mahasiswa yang terpilih akan diundang untuk penjurian.

Tiga pemenang akan dipilih sebagai duta “Youth Leader in Sustainability”. Para pemimpin muda ini akan diberikan kesempatan untuk magang selama enam (6) bulan di kantor RSPO dan para mitra pendukung program ini serta dapat mewujudkan ide kampanye sustainability selama magang.

Tentang RSPO

Sebagai respon terhadap tekanan global yang mendesak terhadap produksi minyak sawit berkelanjutan, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dibentuk pada tahun 2004 dengan tujuan untuk mempromosikan pertumbuhan dan penggunaan produk minyak sawit berkelanjutan melalui standar global yang kredibel dan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. RSPO terdaftar di Zurich, Swiss, dengan kantor sekretariat berada di Kuala Lumpur dan kantor perwakilan di Jakarta, London dan Beijing.

RSPO merupakan asosiasi nirlaba yang mempersatukan berbagai pemangku kepentingan dari tujuh sektor di industri minyak sawit – yakni produsen kelapa sawit, pengolah atau pedagang minyak sawit, produsen barang-barang konsumen, pengecer, bank dan investor, serta Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang konservasi lingkungan dan sosial – untuk mengembangkan dan menerapkan standar global untuk minyak sawit berkelanjutan.

Tentang WWF-Indonesia

WWF-Indonesia adalah organisasi konservasi nasional yang mandiri dan merupakan bagian dari jaringan global WWF. Mulai bekerja di Indonesia pada tahun 1962 dengan penelitian Badak Jawa di Ujung Kulon, WWF-Indonesia  saat ini bergiat di 30 wilayah kerja lapangan di 17 propinsi, mulai dari Aceh hingga Papua.

Didukung oleh sekitar 500 staff, WWF-Indonesia bekerja bersama pemerintah, masyarakat lokal, swasta, LSM, masyarakat madani, dan publik luas. Sejak 2006 hingga 2013, WWF-Indonesia didukung oleh sekitar 64.000 supporter di dalam negeri.

‘Beli Yang Baik’ adalah kampanye konsumen yang diinisiasi WWF-Indonesia sejak Juni 2015 dengan tujuan mengubah perilaku konsumsi publik menjadi lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan. Melalui kampanye ini, WWF-Indonesia mendorongkan konsumen untuk membuat perubahan dari diri sendiri dengan mempraktikkan gaya-gaya konsumsi sebagai berikut:

1) memilih produk berekolabel yang menjamin produk berasal dari sumber dan praktik yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, 2) meminta pihak ritel dan produsen untuk menyediakan produk berekolabel di pasaran, 3) menggunakan Panduan Konsumen secara aktif setiap kali sebelum membeli produk, 4) memilih produk yang menggunakan teknologi ramah lingkungan yang hemat energi dan menghasilkan sampah minimal.

Tentang The Body Shop®

Didirikan pada tahun 1976 di Brighton, Inggris, oleh Anita Roddick, The Body Shop® adalah sebuah brand kecantikan global. The Body Shop® mencari cara untuk membuat perubahan yang positif di dunia dengan menawarkan skincare, hair care, dan make-up yang terinspirasi dari alam, berkualitas tinggi, dan diproduksi dengan penuh etika serta berkelanjutan.

The Body Shop® menjadi yang pertama dalam menciptakan filosofi bahwa bisnis dapat menjadi kekuatan untuk kebaikan dan setelah diakuisisi oleh L’Oréal pada tahun 2006, The Body Shop® memperluas visinya. The Body Shop® memiliki lebih dari 3.000 toko di lebih dari 60 negara.

Tahun 2016, The Body Shop® meluncurkan Komitmen Enrich Not Exploit™ sebagai strategi CSR global baru yang menjadi dasar dari seluruh aspek operasi dan mendukung misi The Body Shop® untuk menjadi bisnis global yang paling beretika dan berkelanjutan di dunia.

Komitmen ini dibagi menjadi tiga pilar komitmen, yaitu enrich our people, enrich our products, dan enrich our planet, dan The Body Shop® memiliki target yang spesifik dan terukur di tahun 2020 sehingga membuat bisnis ini memiliki tanggung jawab untuk mencapainya.

Tentang SINAR MEADOW

SINAR MEADOW adalah perusahaan Joint Venture antara Sinar Mas Group – Indonesia dan Goodman Fielder – Australia yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1990. Dari Ibu Kota Indonesia, Jakarta, kami memproduksi lemak dan minyak konsumsi berbahan dasar minyak kelapa sawit berkualitas dan berkelanjutan; antara lain Margarin, Shortening, Lemak khusus (Specialty Fats) dan berbagai macam Minyak Goreng untuk keperluan industri.

Kami mendistribusikan produk-produk tersebut ke pasar nasional maupun internasional seperti Asia, Timur Tengah hingga negara-negara Asia Pasifik lainnya.

Kami selalu berkomitmen untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan para pengusaha bakery, industri/pabrik makanan skala nasional hingga internasional (seperti biskuit, makanan ringan, & permen), hotel, restoran, jasa katering profesional, industri bahan dasar makanan (seperti keju, cokelat isian dan coklat compound), dan toko penyedia bahan roti dan kue.

Dengan lebih dari 25 tahun pengalaman dan pemahaman yang kuat di industry tersebut, kami membuktikan kredibilitas kami sebagai produsen produk lemak konsumsi dan minyak berkualitas tinggi di Indonesia.

Baca Juga Kebun Sawit Ilegal

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi