Tepung Ikan

19 views
baner murah berpotensi

Cara Membuat Tepung Ikan Mudah dan Murah

Sahabat Potensi. Tepung ikan dikenal sebagai pakan ternak, yang murah dan bisa dibuat sendiri. Bahan bakunya adalah dari ikan. Bisa ikan jenis apa saja.

Untuk membuatnya juga tidak sulit. Banyak teknik yang bisa digunakan. Maka dari itu, tak heran banyak orang, memilih membuat pakan dari tepung ikan.

Tepung Ikan

Tepung Ikan

Jadi, tidak usah membeli. Pakan yang hemat dan murah, bisa dibuat sendiri. Tentunya jika tahu teknik, dan trik yang benar, serta proses yang tepat.

Pemilihan bahan baku juga penting, khususnya untuk kualitas yang baik. Tepung ikan dari bahan baku berkualitas, bisa menghasilkan pakan ternak, yang berkualitas pula.

Manfaat Tepung Ikan

Tepung ikan kaya manfaat. Khususnya bagi ternak, baik ayam, bebek, bahkan sampai jenis budidaya ikan. Semua bisa dipakan dengan tepung ikan.

Maka produksi jenis pakan ini, makin hari makin berkembang. Di setiap daerah, bisa ditemui produksi ini. Pakan ini bisa memenuhi, kebutuhan nutrisi ternak budisaya.

Fungsinya ialah sebagai seumebr protein, untuk ternak dan budidaya ikan. Karena murah dan mudah dibuat, seluruh industri peternakan, hampir semua memakai pakan ikan ini.

Contohnya ialah industri ayam potong, ayam kampung, budidaya ikan lele, dan berbagai jenis peternakan lain. Tepung ikan berguna memenuhi kebutuhan nutrisi dan penggemukan.

Alat Membuat Tepung Ikan

Untuk membuat pakan sehat untuk ternak, maka dibutuhkan alat untuk membuatnya. Berikut ini beberapa alat, yang perlu dipersiapkan, jika ingin membuat tepung ikan:

  • Kompor dan wajan

Alat ini berguna untuk merebus. Jika tidak ada wajan yang memadai, bisa memakai kaleng bekas. Jika memakai kaleng, maka pastikan alat tersebut, bebas dari cat dan harus bersih.

  • Spatula

Bisa memakai kayu sebagai  gantinya. Alat ini berfungsi untuk meratakan, pakan yang akan dijemur. Agar pakan jadi kering, lalu siap dijual, atau diberikan sebagai pakan untuk ternak.

  • Alat penjemuran

Alat ini bisa berupa plastik bekas. Potong lebar, agar semakin luas area menjemurnya. Semakin luas, maka bisa menjemur lebih banyak.

  • Penggilingan

Ikan yang kering lalu digiling. Alat yang dipakai adalah alat giling, yang umumnya dipakai untuk menggiling.

Bahan membuat tepung Ikan

Untuk membuat tepung ikan sendiri, perlu menyiapkan bahannya. Bahan utamanya adalah ikan. Pada umumnya, segala jenis ikan yang ada, bisa digunakan.

Dalam industri pakan ikan, banyak yang memilih ikan murah. Jumlahnya juga harus banyak, agar hasilnya juga mencukupi. Khususnya untuk yang ingin dijual.

Bahan yang kedua adalah air bersih. Jangan pakai air kotor. Hal ini akan merusak kualitasnya. Air bersih sangat penting, untuk produksi tepung ikan yang berkualitas.

Air akan berguna saat merebus, yakni ikan yang sudah dipersiapkan. Untuk itu, pilihlah air bersih, untuk tepung ikan yang tidak terkontaminasi.

Proses pembuatan tepung ikan

Untuk lebih berhemat, saat merebus pakai trik yang tepat. Yakni bisa memakai kayu, atau sampah kering serta biogas. Hal ini bertujuan untuk berhemat.

Penting untuk diingat bahwa, ikan harus cuci sebelum direbus. Ikan harus bersih, tidak ada lumpur atau kotoran yang tersisa. Dengan begitu, tepung ikan akan memiliki kualitas tinggi.

Ikan dan air perlu direbus, lamanya sekitar 25 menit. Langkah ini sangat penting, yakni untuk menghilangkan bakteri pathogen. Jenis bakteri ini perlu dimusnahkan, agar ikan jadi steril.

Jika ikan bersih dan steril, maka akan aman jika digunakan, khususnya sebagai pakan ternak. Pada proses ini, akan keluar juga minyak ikannya.

Jika sudah, maka lakukan proses pengeringan, lalu pengeringan. Maka proses sudah selesai.

 

Baca Juga Jual Tepung Ikan Murni

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi