Tips Menyiapkan Kandang dan Pakan Sapi

1064 views
baner murah berpotensi

Sahabat Poyensi; Pada umumnya kandang mempunyai dua kategori, yakni individu dan kelompok. Untuk kandang inividu, tiap-tiap sapi menempati tempatnya sendiri dengan ukuran 2,5 X 1,5 m. Tipe ini bisa memacu pertumbuhan lebih pesat, karena tidak saling berebutan dalam mendapati pakan. Ruang gerak terbatas, sehingga energi yang diperoleh dari pakan sapi difungsikan untuk hidup, produksi daging tidak hilang, sebab tidak banyak bergerak.

Tempat Pakan Sapi yang di rekomendasikan

Tempat Pakan Sapi yang di rekomendasikan

Kandang kelompok, bakalan dalam satu masa penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Satu ekor sapi memerlukan ruangan yang lebih luas daripada kandang individu. Kelemahan type kandang ini menjadikan persaingan yang ketat dalam memperoleh pakan, sapi yang lebih kuat lebih cepat tumbuh daripada yang lemah, karena lebih banyak memperoleh pakan.

Kandang dan Pakan Sapi Yang Baik

Berdasarkan keadaan fisioloigis dan system pencernaannya, sapi digolongkan sebagai hewan ruminansia, sebab pencernaannya lewat tiga proses, diantaranya dengan cara mekanis dalam mulut dengan pertolongan air ludah (saliva), cara fermentatif dalam rumen dengan pertolongan mikrobia rumen, dan dengan cara enzimatis sesudah melintasi rumen.
Penelitian menunjukkan bahwa penggemukan hanya mengandalkan pakan hijauan saja membutuhkan waktu yang lama. Salah satu trik mempercepat penggemukan adalah dengan pakan yang dikombinasi antara hijauan dan konsentrat. Konsentrat yang dipakai berupa kulit biji kedelai, kulit nenas, ampas tebu, ampas tahu, bekatul dan buatan pabrikan. Yang terlebih dulu diberkan makanan berupa konsentrat untuk memberikan pakan mikrobia rumen, maka saat pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen sudah siap dan aktif mencerna hijauan.

Keperluan pakan (dalam berat kering) tiap ekor yaitu 2,5% berat badannya. Hijauan yang dimanfaatkan ialah daun jagung, jerami padi, daun tebu, rumput gajah, alang-alang, serta rumput-rumputan liar.
Nutrisi dan kadar serat kasar menentukan mutu pakan.Pakan hijauan mengandung serat kasar tinggi, sehingga sulit dicerna dikarenakan terdapat lignin yang sukar larut oleh enzim pencernaan.

Nutrisi yang dibutuhkan ternak, yakni :

  • Mineral-mineral sebagai penyusun tulang, darah yang berperan dalam sintesis enzim, ialah N, P, K, Ca, Mg, Cl & lain-lain.
  • Asam-asam amino, merupakan Arginin, Isoleusin, Leusin, Histidin dan lain-lain yang merupakan penyusun protein, pembentuk sel & organ badan.
  • Vitamin komplit yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis badan yang normal serta meningkatkan ketahanan badan sapi dari serangan penyakit.
  • Asam organik essensial, diantaranya asam asetat, asam propionat, dan asam butirat.

Sementara pemberian POC NASA yang mengandung bermacam macam mineral utama untuk pertumbuhan ternak, seperti Mg, Ca, Fe,P, K, N dan lain-lain juga di lengkapi lemak nabati dan protein sanggup meningkatkan pertumbuhan bobot harian sapi, meningkatkan ketahanan badan ternak, mengurangi bau kotoran dan mengurangi kadar kolesterol daging. Sedangkan HORMONIK lebih berfungsi juga sebagai zat pengatur tumbuh bagi ternak. dimana formula ini meningkatkan pertumbuhan ternak dengan cara total.

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi