Daftar Harga Jual Semua Jenis Beras

1525 views
baner murah berpotensi

Daftar Harga Jual Semua Jenis Beras

Sahabat Potensi. Beras merupakan salah satu jenis dari SEMBAKO atau sembilan bahan pokok yang artinya setiap orang harus memilikinya. Beras juga merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi makanan pokok terbesar di dunia. Bahkan, menjadi makanan pokok orang-orang Asia termasuk Indonesia. Itulah sebabnya beras merupakan komoditas yang sangat penting baik untuk perekonomian maupun kehidupan seluruh masyarakat Indonesia. Banyak sekali jenis beras yang beredar di pasaran, tergantung selera masyarakat untuk memilihnya.

Beberapa Jenis Beras

Beberapa Jenis Beras

Harga Jenis Beras Ecer Per Kg

Untuk harga setiap jenis beras bulan ini tidak terlalu berbeda jauh dengan bulan kemarin. Bahkan bisa dikatakan harganya cukup stabil. Sebenarnya, harga beras ini dipengaruhi oleh stok beras di daerah serta nasib panen dari para petani. Jika kondisi panen sedang bagus, tentu harganya bisa cukup murah. Begitu juga ketika stok beras masih banyak. Jika harga beras di pasar terlalu tinggi, maka pemerintah akan melakukan operasi harga beras dengan memberikan beras bulog kepada masyarakat. Dengan begitu, harga beras akan tetap stabil.

Untuk harga beras terbaru, harganya masih sekitar Rp 10.000 – Rp 12.000 untuk setiap daerah. Sebagai contoh untuk harga beras ecer di pasar adalah sebagai berikut;

  • Beras IR. I (IR 64), harga Rp 11.200/kg
  • Beras IR. II (IR 64) Ramos, harga Rp 10.272/kg
  • Beras IR. III (IR 64), harga Rp 9.558/kg
  • Beras Muncul .I, harga Rp 11.362/kg
  • Beras IR 42/Pera, harga Rp 11.930/kg
  • Beras Setra I/Premium, harga Rp 11.958/kg
  • Beras Organik, harga dimulai dari sekitar Rp 15.000/kg

Tentunya, masih banyak sekali nama dan jenis beras yang ada di pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Untuk di pasar modern seperti minimarket, swalayan atau bahkan mall, harga beras cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga beras ecer di pasar tradisional, karena biasanya beras sudah ditawarkan dalam bentuk pak per 1 kg, 2 kg, 3 kg, 5 kg atau 10 kg. Selain itu, kualitas beras juga lebih baik. Ini bisa dilihat dari beras yang putih, besar dan tidak pecah atau remuk.

Beras Modifikasi

Selain itu, biasanya di pasar modern beras yang ditawarkan adalah beras modifikasi seperti beras yang terbuat dari jagung, beras non kolesterol dan lain sebagainya. Namun, terdapat juga beras yang sekarang sedang naik daun baik di pasar tradisional maupun pasar modern yakni beras organik. Beras organik ini bebas pestisida karena ditumbuh-kembangkan dengan proses yang alami atau secara organik.

Beras Organik

Beras organik ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan beras ecer. Namun, kualitasnya tentu lebih baik. Selain itu lebih sehat dan rasanya juga lebih enak termasuk nasi dari beras ini hasilnya lebih putih alami bahkan rasanya lebih pulen. Harga beras organik ini dimulai dari Rp 15.000 per kg. Tentu, berbeda merek beras organik, berbeda pula harganya. Anda bisa membeli beras organik ecer atau yang sudah dalam bentuk pak.

Baca juga harga acuan Permendag

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi