Peralihan Penyuluh Perikanan Perkuat Amunisi

834 views
baner murah berpotensi

Sahabat Potensi. Peralihan  penyuluh perikanan dari daerah ke pusat, akan memperkuat amunisi penyuluh perikanan untuk mendukung tercapainya nawacita pemerintah. Sejak dikeluarkannya Undang – Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kewenangan penyelenggaraan penyuluhan perikanan nasional dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat kelautan dan perikanan.

Peralihan Penyuluh Perikanan

Peralihan Penyuluh Perikanan

Termasuk dalam hal ini status kepegawaian penyuluh perikanan yang awalnya berada di Pemda Provinsi atau Kabupaten, harus dipindahkan ke Pusat yakni di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pengalihan penyuluh perikanan dari pusat ke daerah telah melewati serangakaian proses yang panjang sejak 2014 lalu hingga sekarang.

Salah satu yang menjadi bahan diskusi, di kalangan penyuluh perikanan adalah, perubahan apa saja yang mereka siapkan, setelahnya dilakukan proses pengalihan tersebut. Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja pada acara validasi data personel, sarana dan prasarana serta dokumen penyuluh perikanan PNS dan pengawas perikanan bidang mutu hasil perikanan, Rabu (25/1), di Jakarta, mengatakan, “Apa yang selama ini diperoleh oleh penyuluh perikanan, diharapkan tidak ada yang berkurang, bahkan kalau bisa bertambah, setelah proses pengalihan tersebut.”

Peralihan Penyuluh Perikanan akan Lebih Baik

KKP juga meyakinkan peralihan penyuluh perikanan ini akan memperkuat amunisi, sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat KP Rifky Effendy Hardijanto pada kesempatan yang sama. “Dengan adanya peralihan penyuluh ke pusat, tentu akan lebih baik lagi, karena semuanya akan terpusat, dan penyuluh juga semakin mudah mengetahui perkembangan yang terjadi di pusat terkait program KKP dan pengembangan pelaku perikanan,” ujarnya.

Terkait dengan pengalihan personil, telah ditetapkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 7 Tahun 2016 Pelaksanaan Pengalihan PNS Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota yang Melaksanakan Urusan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dan Pengembangan SDM Masyarakat Kelautan dan Perikanan Menjadi PNS KKP.

Validasi Data Hanya 1 Jam

Ikut angkat bicara Direktur Kepangkatan BKN Aidu Tauhid, “Kami menjamin untuk validasi data penyuluh terkait perpindahan status hanya butuh satu jam untuk satu penyuluh, dan dalam dua hari ini akan kami selesaikan.” Aidu juga berharap dengan peralihan penyuluh perikanan dari daerah ke pusat akan semakin mempermudah untuk pengorganisiran penggajian dan kenaikan kepangkatan  karena sudah menjadi unit by sistem termasuk juga untuk pengawas mutu hasil perikanan.

Ia menginformasikan dari 3.231 penyuluh perikanan PNS dan 30 pengawas perikanan bidang mutu hasil perikanan, tinggal 900 data lagi yang perlu di validasi. “Saya yakin dengan adanya peralihan status penyuluh perikanan ke pusat ini tugas fungsi dan pokoknya akan semakin baik untuk mencapai nawacita,” ujar Aidu.

Baca juga Daftar Harga Ikan Laut

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi