Harga Tepung Ikan Terbaru 2018 yang Masih Terjangkau

9727 views
baner murah berpotensi

Harga Tepung Ikan Terbaru 2018

Sahabat Potensi. Bagi Anda yang terjun ke dalam bisnis ternak unggas seperti ayam dan bebek atau ternak lainnya termasuk ternak ikan itu sendiri, tentu sudah tidak asing lagi dengan apa yang namanya tepung ikan. Harga Tepung ikan masih terjangkau. Tepung ikan dijadikan pakan ternak yang menyehatkan karena mengandung protein yang tinggi untuk ternak unggas dan lainnya.

Harga Tepung Ikan dan Jenis Tepung Ikan

Harga Tepung Ikan dan Jenis Tepung Ikan

Tepung ikan adalah produk berbentuk tepung yang dibuat dari olahan ikan. Tentunya, tepung ini memiliki kandungan mineral dan protein yang sangat tinggi. Bahkan dikatakan bahwa kandungan yang ada pada tepung ini dapat meningkatkan penampilan, produktivitas dan juga kualitas produk ternak.

Harga Tepung Ikan

Bagi Anda yang ingin hewan ternaknya memproduksi telur atau daging yang banyak, sehat dan juga gemuk, tepung ikan adalah jenis pakan yang tepat. Ini karena kandungan dalam setiap kilogram tepung ikan memiliki asam 5,87 gram lemak esensial atau Eicosapentaenoic Acid (EPA, C20:5n-3) dan 9,84 gram docosahexanoic acid (DHA, C20:6n-3). Ini berdasarkan laporan lembaga penelitian Mandell et Al tahun 1997. Untuk harga tepung ikan sendiri bervariasi. Harga bisa dimulai dari Rp 6.500 hingga 8.500 untuk jenis standar. Tentu setiap penjual tepung ikan bisa menjual dengan harga yang berbeda-beda. Ini dikarenakan 2 hal seperti;

  • Kemurnian ikan
  • Jenis ikan
  • Protein ikan

Jika full atau murni dengan ikan, maka tepung ikan harganya sangat mahal bisa mencapai Rp 7.500 ke atas dengan protein minimal 40. Untuk jenis ikan yang biasa dipakai untuk bahan campuran adalah pethek, lemuru, surimi, tuna, tongkol dan lain-lain. Yang digunakan dari ikan tersebut adalah kepala, ekor, tulang, sisik, dan sebagian kecil dari tubuhnya.

Untuk tepung ikan dengan harga Rp 4.000 – 5.000 dan protein mencapai 50 – 55, bisa dipastikan tepung tidak murni menggunakan ikan atau terdapat campuran lain. Berikut daftar harganya;

Daftar Harga Tepung Ikan

  1. Tepung ikan ekonomis, harga Rp 6.500. Protein 35-40%. Tepung berisi 60% ikan dan 40% campuran pendukung dan pengeringan tradisional
  2. Tepung ikan murni A Rp 6.500. Protein 20-30%. Tepung murni ikan
  3. Tepung ikan murni B Rp 7.500. Protein 35-40%. Tepung murni ikan
  4. Tepung ikan murni C Rp 8.500. Protein 40-45%. Tepung murni ikan (Tongkol, Udang, Surimi, Juwi, Pethek, Tuna)
  5. Tepung ikan dengan protein 50%, harga Rp 10.500. Tepung murni ikan
  6. Tepung ikan dengan protein 55%, harga Rp 14.500. Tepung murni ikan
  7. Tepung ikan dengan protein 55-60%, harga Rp 18.000. Tepung murni ikan

Harga di atas hanyalah sebagai referensi. Tentunya, berbagai daerah atau tempat serta perusahaan pembuat tepung ikan, tentu harganya akan berbeda-beda. Harga di atas juga bisa turun atau naik tergantung beberapa kondisi. Namun, Anda bisa membuat acuan harga dari daftar harga di atas baik Anda akan membeli atau memproduksi tepung ikan. Bisnis tepung ikan tidak akan pernah mati karena banyak peternak yang membutuhkannya.

Baca juga Harga Ikan Laut dan Tawar

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi