Pabrik Sawit Harus Ditambah Di Pesisir Selatan

931 views
baner murah berpotensi

Sahabat Potensi, bahwa Pekerjaan Rumah (PR) bagi para bupati, walikota (Kepala Daerah) untuk memberikan jaminan serta kemudahan bagi para investor untuk menanamkan modal yang sangat besar kedaerahnya masih perlu dibenahi. Sepeti halnya Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, daerah ini merupakan daerah yang kaya untuk investasi diantaranya; investasi pabrik sawit, namun perlu dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk memeberikan kenyamanan kepada setiap investor.

Kebun sawit sebagai bahan baku pabrik sawit

Kebun sawit sebagai bahan baku pabrik sawit

Dengan investor masuk itu bisa menghidupkan sendi-sendi perekonomian masyarakat secara luas. “Selama ini yang terjadi justeru berbeda, pemerintah daerah telah membuat maketplan untuk para investor, seperti tambang batu bara, biji besi dan beragam tambang lainya, tetapi setelah itu dibuat, dan para investor datang, justeru pemda malah mencari celah untuk bagaimana membuat beragam fee, demi keuntungan, padahal investor baru mau masuk, dan baru akan mendirikan pabrik, tapi ternyata sudah seperti itu jadinya. Alhasil investor lari. Hal semacam inilah yang kerap kali terjadi didaerah ini.” kata Ir. Budi Syukur, diruang kerjanya kepada Potensi Indonesia.

Investasi Penambahan Pabrik Sawit

Budi Syukur sebagai wakil ketua umum KADIN Sumatera Barat (Sumbar) menuturkan, bahwa investasi yang perlu ditanam adalah penambahan pabrik yang kredibel, karena semua bertumpu padanya.

Pabrik yang ada tidak memadai, saat produksi hasil tanam yang cukup tinggi tidak tertampung oleh pabrik, lokasi pabriknya jauh yang berpengaruh kepada transportasi dan memakan kost tinggi. Persoalan inilah yang dipikirkan solusinya dan sekarang sedang membuat draf, agar bagaimana para investor bisa masuk untuk mendirikan pabrik representatif di pesisir selatan, dimana semua keluhan masyarakat petani dapat terjawab. Maka sehausnya ada penambahan pabrik sawit didaerah pesisir sebanyak tiga unit lagi.

Pembangunan sebuah pabrik akan menelan pembiayaan sebesar Rp.100 Miliar, dapat dibayangkan itu bukan dana yang sedikit yang akan ditanamkan investor. Dalam hal ini tentunya kita berharap kepada pemerintah daerah untuk secara bersama-sama menjaga, agar para investor bisa dengan percaya diri untuk tidak segan-segan menanamkan modal besarnya itu.

Masyarakat Harus Diberikan Hak Garapan

Berkenaan dengan produksi sawit yang berkembang pesat dan menjanjikan di kabupaten terpanjang di Sumbar ini, harusnya jangan perusahaan besar saja yang memiliki kebun sawit, masyarakat harus diberikan hak garapannya, bisa masing-masing 2 ha atau 5 ha. Bisa dibayangkan kalau sebanyak 85% lahan sawit dimiliki masyarakat, tentu luar biasa kehidupan masyarakat di pesisir seletan tersebut. Ini harus dipikirkan agar taraf hidup masyarakat bisa meningkat.  Sebagai contoh di Pasaman ada satu keluarga yang memiliki 2 Ha kebun sawit berpenghasilan 3 juta lebih setiap bulannya.

Pelabuhan Pesisir Selatan

Sahabat Potensi, disamping produksi sawit, pesisir selatan juga memiliki pelabuhan sendiri, yaitu pelabuhan penasahan di Painan, pelabuhan ini potensinya sangat luar biasa, bahkan telah ada kapal besar yang bersandar disitu. Menurut Budi, system pelabuhan penasahan ini jangan diberikan pengelolaannya pada Pelindo, meskipun ada peraturan yang membuat, tetapi inikan otonomi daerah, semua bentuk pengelolaannya harus masuk ke daerah, jika Pelindo yang mengelola, maka hasilnya akan ke pusat. Kapan daerah bisa berkembang jika kenyataanya seperti itu. Ditambah lagi dengan pembukaan ruas jalan bayang ke Alahan Panjang dan Pesisir ke Darmasraya.

Hingga saat ini terkait pengembangan pelabuhan telah banyak dilakukan, dengan berbagai fasilitas pelabuhannya. Jika saja ini berjalan mulus, tentu sangat memberikan pengaruh luar biasa terhadap daerah. Bahkan  saya berani garansi kepada para perantau pesisir selatan, agar silahkan pulang kampung untuk apa cari penghidupan jauh-jauh harus keluar daerah, kalau kita sudah bisa hidup dan berkembang di kampung sendiri. Jika ini saja digarap, pertumbuhan ekonomi sangat luar biasa meningkat.” Ungkapnya.

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi