Manfaat Kayu Gaharu dan Cara Mengolahnya

1220 views
baner murah berpotensi

Manfaat Kayu Gaharu dan Cara Mengolahnya

Sahabat Potensi. Kayu Gaharu. Pernahkan anda mendengar nama kayu jenis ini sebelumnya? Nah, sekarang ini makin banyak kasus pengobatan yang menjadi berbahaya akibat adanya bahan kimia. Oleh karena itu, para konsumen sekarang mengambil alternatif lainnya seperti obat-obatan herbal yang aman dan mujarab. Hal ini tentunya tidak repot karena Indonesia merupakan tanah yang kaya akan bahan-bahan herbal. Dan salah satu contohnya adalah kayu gaharu. Gaharu mempunyai satu keunggulan yakni aromanya yang sangat khas dan bisa digunakan untuk aroma terapi yang menyejukkan. Di Asia Timur dan Tenggara banyak sekali tanaman gaharu. Dan di Indonesia, prospek menjual tanaman gaharu menjadi sangat menjanjikan.

Manfaat Kayu Gaharu dan Cara Mengolahnya

Manfaat Kayu Gaharu dan Cara Mengolahnya

Kegunaan Kayu Gaharu bagi Kesehatan

Kayu gaharu punya kegunaan yang tidak diragukan lagi karena belakangan ini, banyak peneliti yang melakukan riset tentang kegunaan gaharu dan hasilnya juga tidak sia-sia. Raintree mengatakan bahwa kayu gaharu memiliki manfaat untuk menyembuhkan asma. Tidak hanya itu, kayu gaharu juga berperan sangat baik untuk pengobatan anti-mikroba, dan juga stimulant kerja pada syaraf. Tidak hanya itu, ada banyak penelitian di Amerika, Korea dan Jepang juga yang membuktikan bahwa kayu gaharu dapat menyembuhkan penyakit liver, asma, hepatitis, ginjal, dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan stress.

Dalam kitab Cina kuno, ada juga khasiat yang ditawarkan oleh kayu gaharu. Khasiat tersebut adalah kemampuan kayu gaharu untuk mengobati penyakit kanker dan tumor. Pernyataan ini bukan lah hoax semata karena didukung oleh ASGARIN (Asosiasi Eksportir Gaharu Indonesia). Mereka juga menyatakan bahwa gaharu bisa dipakai untuk mengobati penyakit kanker dan tumor. Contohnya di India, tumor usus disembuhkan dengan bantuan gaharu. Sementara itu, di Jepang, gaharu juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Namun, kayu gaharu sendiri masih sangat jarang digunakan untuk pengobatan herbal. Yang banyak digunakan biasanya daunnya yang bisa digunakan untuk membuat the. Daun teh gaharu bisa menurunkan hipertensi, menyembuhkan asma, mencegah stroke, meningkatkan stamina, mencegah penuaan dini, membuat tidur nyeyak, dan juga bisa menstabilkan gula darah.

Kegunaan Lainnya

Ada beberapa kegunaan lainnya misal dalam industri parfum. Ada ekstrak damar yang dijadikan bahan dasar pembuatan parfum yang tahan lama wanginya. Tidak hanya itu, dalam bidang kecantikan, gaharu juga bisa digunakan untuk pembuatan sabun kecantikan dan shampo. Aksesori-aksesoris beraroma seperti gelang, kalung, tasbih dan yang lainnya juga bisa dibuat dari kayu gaharu.

Cara Mudah Mengolah Teh Gaharu

Untuk mendapatkan teh gaharu yang begitu banyak khasiatnya, kalian bisa mengolahnya di rumah dengan cara yang tidak begitu sulit. Untuk bisa mendapatkan satu gelas the gaharu, cukup kalian menyediakan 6-8 lembar daun gaharu yang masih segar dan muda. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Ini langkah-langkah setelah pencucian daun gaharu.

  1. Rebus daun gaharu sampai mendidih dan juga menyisakan air rebusan setengah dari rebusan pada awal.
  2. Kemudian saring ampas daunnya dan bisa minum kapanpun kalian mau.

Jika digunakan untuk mengobati penyakit, teh gaharu ini bisa kalian minum sebanyak 2 kali sehari pada pagi hari dan juga sore hari. The daun gaharu sendiri memiliki wanra merah namun tergantung berapa lembar daun gaharu yang kalian rebus. Jika makin banyak, maka warnanya makin merah. Dan untuk menghilangkan rasa pahit, bisa kalian tambahkan madu.

Nah itu dia beberapa khasiat dan manfaat kayu gaharu serta daunnya. Semoga kalian semakin mengenal gaharu, ya!

Baca Juga Harga Gaharu yang menakjubkan

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi

Tinggalkan pesan