Harga Kayu Gaharu Asli yang Menakjubkan

4539 views
baner murah berpotensi

Harga Kayu Gaharu Asli

Sahabat Potensi. Harga kayu gaharu digadang-gadang sebagai kayu termahal di pasar kayu internasional. Oleh sebab itu, bisnis kayu gaharu ini sangat menggiurkan karena keuntungannya. Kayu Gaharu berasal dari pohon Gaharu atau Genus Aquilaria (anggota dari famili Thymelaeaceae). Pohon dan kayu Gaharu memiliki nilai jual yang tinggi baik di pasar nasional, maupun pasar internasional. Kayu ini semakin terkenal dan harga kayu gaharu yang sangat mahal, dikarenakan terdapat resin yang akan memunculkan bau harum. Oleh sebab itu, kayu ini sering digunakan pada industri parfum, kosmetik dan juga obat-obatan. Wajar saja jika kayu ini sangat diminati di pasar nasional dan internasional.

Harga Kayu Gaharu yang Menakjubkan

Harga Kayu Gaharu yang Menakjubkan

Harga Kayu Gaharu Terbaru

Paling tidak, pohon Gaharu membutuhkan waktu 25 tahun untuk memunculkan gupal. Gupal atau resin akan terbentuk secara alami ketika usia pohon Gaharu mencapai 25 tahun yakni ketika pohon ini terinfeksi sebuah mikroba bernama fusarium sp. Gupal inilah yang membuat dan menentukan harga pohon dan harga kayu gaharu. Jika dijual dengan gupal, harganya akan melonjak tinggi sekali yakni mencapai puluhan juta per kg-nya. Namun, tanpa gupalpun harganya sudah cukup mahal yakni berkisar puluhan hingga ratusan ribu per kg-nya. Tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan kayu biasa.

Inilah yang membuat perdagangan kayu Gaharu di pasar internasional sangat tinggi. Bahkan, kebutuhan akan kayu ini mencapai 4.000 ton per tahun. Sayangnya, kebutuhan yang tinggi ini tidak diseimbangkan dengan penanaman kembali, sehingga jumlah kayu ini semakin berkurang dan langka. CITES telah mengeluarkan aturan untuk memperketat perdagangan kayu Gaharu sehingga dapat dikontrol.

Jenis Termahal Kayu Gaharu

Kayu Gaharu memiliki 20-an jenis atau spesies yang tersebar di Asia terutama China, Asia Tenggara dan India. Indonesia memiliki 6 spesies kayu Gaharu ini. Dari 6 spesies itu, spesies Aquilaria Malaccensis adalah yang paling dikenal. Indonesia juga ikut andil dalam pasar internasional dengan mengekspor kayu ke China, dimana China merupakan pengimpor kayu Gaharu terbesar yakni dari 4.000 ton per tahun kebutuhan dunia, China membutuhkan 400 ton per tahun.

Selain China, pasar internasional kayu Gaharu Indonesia ini adalah Saudi Arabia, Taiwan, Uni Emirat Arab, Singapura, AS, Hongkong dan Uni Eropa. Untuk itu, budidaya atau pertanian kayu Gaharu yang tadinya berpusat di Sumatera, Kalimantan dan Papua, dengan potensi 600.000 ton per tahun, kini pertanian kayu Gaharu sudah disebar ke NTT, Lampung, Bogor, Sukabumi dan Bangka.

Harga umum kayu Gaharu di Indonesia berkisar di antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per kilogram-nya. Sedangkan jika bisa menembus pasar di China dengan menawarkan kayu Gaharu terbaik jenis Aquilaria Filarial dari Kalimantan Timur, harga per kilogram bisa mencapai Rp 400 juta / kg dan di Timur Tengah mencapai Rp 300 juta / kg. Di Indonesia, jenis ini mencapai Rp 150 juta / kg. Bagaimana, tertarik untuk menanam dan menjualnya?

Baca juga Daftar Harga Kayu perkubik

baner murah berpotensi
Penulis: 
author
Orang yang sederhana, ramah dan pantang menyerah. Berpengalaman kerja sebagai wartawan dan penulis sejak tahun 1999. Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak website ini.

Posting Terkait

baner murah berpotensi